Monday, August 11, 2014

Day 1 - 30 days: Inspired by Indonesia

Beberapa tahun belakangan ini tepatnya sudah 9 tahun saya bekerja di Pithecanthropus dan Pusaka di Bali. Kedua label tersebut merupakan label batik dan tenun kenamaan di Indonesia yang produknya sudah sampai ke mancanegara.

Kesalahan terbesar saya selama bekerja di perusahaan ini adalah kurangnya saya mengapresiasi karya-karya yang saya buat maupun hasil budaya Indonesia yang sangat melekat di kedua label tersebut. Saya lebih sering menggunakan produk lain yang sangat plain (kadang membosankan) ataupun produk yang tidak terinspirasi oleh budaya Indonesia pada umumnya... Kebiasaan buruk dari jaman mahasiswa dulu yang sukanya pakai celana jeans (Amerika sekali) dan T Shirt. Padahal setiap hari saya berkutat dengan kain batik, print dengan motif Indonesia, tenun serta pewarnaan alam yang semuanya berasal dari kecintaan saya akan kain. Tapi kalau dipikir-pikir, kok saya jarang sekali menggunakannya di tubuh saya sendiri.. Ajaib.

Saya sangat menyukai penggunaan celana jeans karena kepraktisannya. Saya suka T Shirt karena kenyamanannya. Tapi yang membuat saya tidak menyukai keduanya sekarang ini, adalah keduanya membuat saya menjadi pemalas, tidak terinspirasi apalagi menginspirasi orang lain untuk lebih mencintai bahan lain seperti batik, tenun, songket, sarung dan lain sebagainya.

Jadi dalam menyambut Hari Ulang Tahun Indonesia yang ke 69, saya ingin mencoba sebuah tantangan untuk diri saya sendiri yaitu menggunakan pakaian maupun aksesoris dengan inspirasi Indonesia selama 30 hari. Semoga dari 30 hari ini saya dapat terus terinspirasi dengan produk Indonesia. Bukankan Allah bisa karena biasa?

Semua hasil padu padan dengan inspirasi Indonesia akan saya posting setiap hari lewat blog ini. Mungkin saya masih menggunakan celana jeans, tapi saya menggunakannya dengan batik, kebaya atau apapun yang bernuansa Indonesia.

Semoga teman-teman yang membaca blog ini juga ikut memberikan inspirasi atau juga partisipasi dengan menggunakan Indonesia sebagai inspirasi terdalamnya.

Dirgahayu Indonesia ke 69, Merdeka!!

Follow me:
TWITTER: @neliyo
INSTAGRAM:neligunawan
FACEBOOK: Neli Yo

Day 1: Dress Batik Kupu2 Hijau dipadukan dengan jaket kulit dan red stilleto shoes..
Waktu sampai kantor yang berbatu terjal, saya hanya pakai sandal jepit dari Aldo. Comforting..

No comments:

Post a Comment